40 Makanan Khas Indonesia Terlezat dari Semua Daerah

kuliner indonesia

Indonesia adalah surga kuliner. Makanan khas daerahnya enak dan harus dicoba dari Sabang hingga Papua. Ini empat puluh dari mereka.

Makanan khas daerah di Indonesia memiliki profil rasa yang khas. Beberapa dari mereka juga populer di negara lain karena Bro-and-sisnya yang lezat.

Pernahkah Anda memikirkan berapa macam makanan khas daerah yang ada di Indonesia? Balasannya tentu banyak ya Bro-and-sis.

Selain memiliki banyak varian, masakan ini memiliki cita rasa yang enak dan tentunya memiliki keunikan tersendiri.

Simak daftar 40 makanan Indonesia yang rasanya gurih dan menggoda lidah bagi penyuka kuliner.

Makanan Khas Daerah di Indonesia


1. Empal Gentong Cirebon

makanan khas daerah
Sumber gambar: okezone

Hidangan tradisional Cirebon ini bisa kamu coba jika suka goulash. Empal barrel merupakan sajian populer dari tahun 1994 yang terdiri dari usus, babat, dan irisan daging sapi yang dimasak dengan kuah kuning dengan taburan kucai.


2. Bebek Goreng Sinjay Madura

Mendengar istilah Madura, langsung teringat bebek goreng Sinjay yang gurih dan empuk. Meski terkesan polos, namun berpotensi membuat Anda ketagihan dengan rasanya!


3. Gudeg Yogyakarta

Teman bro-and-sis sudah tahu tentang makanan yang satu ini. Gudeg adalah hidangan tradisional Yogyakarta yang terbuat dari nangka. Makan hangat dengan sambal akan membuatnya lebih enak.


4. Soto Ayam Ambengan Surabaya

Kuah kuning kental yang membedakan soto ayam surabaya dari yang lain berkat kunyit. Soto ayam ini biasanya dibuat dengan daging sapi, jeroan, kulit, brutu, telur, bihun, dan nasi.


5. Nasi Lawar Bali

Nasi lawar, juga dikenal dengan Nasi Campur Bali, adalah hidangan yang terbuat dari sayuran dan irisan daging sapi. Makanan ini biasanya dimakan dengan bumbu dan diblender.


6. Daging Asap NTT

Daging asap atau yang juga dikenal dengan daging Sei merupakan makanan yang umum di Provinsi NTT, tepatnya di Kabupaten Rote Ndao.

Hidangan ini terbuat dari irisan tipis daging yang diasapi dengan bara api dari pohon kesambi hingga dipanaskan. Biasanya, Anda bisa langsung mengonsumsi dagingnya setelah diasapi atau diolah menjadi hidangan lain.


7. Ayam Taliwang Lombok

Hidangan ini dibuat dengan ayam kampung muda yang telah dipanggang dan dibumbui dengan sambal terasi atau bawang bombay. Ayam taliwang paling cocok dipadukan dengan brokoli plecing.


8. Sate Bandeng Banten

Ini adalah spesialisasi geografis yang sangat langka. Ikan bandeng yang banyak ditemukan sulit dikonsumsi karena banyak tulang dan duri yang halus.

Sate bandeng banten memiliki tulang dan duri yang halus sehingga mudah untuk dikonsumsi. Selain itu, bumbu tradisional Indonesia meningkatkan cita rasa makanan.


9. Rujak Cingur Jawa Timur

Dalam bahasa Jawa, cingur berarti “mulut”. Hidangan ini memang memanfaatkan daging mulut yang dipotong atau moncong daging sapi rebus. Rujak cingur biasanya disajikan dengan campuran sayur, lontong, dan kuah petis.


10. Surabi Bandung

Surabi, juga dikenal sebagai serabi, adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras dan tepung, yang kemudian digoreng atau dipanggang dalam gerabah tanah liat. Surabi terasa lebih enak dengan kuah manis yang terbuat dari gula jawa dan wedang hangat.


11. Soto Banjar Kalimantan Selatan

Soto Banjar tidak seperti makanan soto di daerah lain yang menggunakan rempah-rempah seperti kayu manis, pala, dan cengkeh, serta sedikit susu, menjadikan makanan ini kaya akan cita rasa Indonesia yang akan membuat Anda kangen dengan santapan yang satu ini.


12. Kepiting Soka Kalimantan Utara

makanan khas daerah
Sumber gambar: Mommyasia

Makanan khas daerah lezat lainnya adalah kepiting Soka, yang juga dikenal sebagai kepiting cangkang lunak. Selain memiliki kerak yang empuk, dagingnya yang sangat empuk dan digoreng dengan kuah asam manis yang tentunya akan membuat Anda bersemangat setelah makan.


13. Ayam Cincane Kalimantan Timur

Ayam satu-satunya yang diolah dengan bumbu kemerahan ini sering digunakan di festival atau pertemuan besar. Chicken Cincane terkenal dengan kelezatannya karena tekstur kulitnya yang lembut dibalut kuah manis pedas yang meresap ke dalam ayam.


14. Juhu Singkah Kalimantan Tengah

Apakah Anda dari Palangkaraya? Saya yakin Anda pernah mendengar tentang makanan khusus ini. Juhu Singkah atau dikenal juga dengan sebutan rotan umbut adalah rotan muda yang digoreng dengan ikan baung dan terong asam atau di kuah santan agar lebih gurih.


15. Sup Konro Sulawesi Selatan

makanan khas daerah
Sumber gambar: Hai Bunda

Nggak bakalan bisa menahan daya pikat dari makanan yang satu ini, bro dan sis. Kuah iga sapi lembut yang meleleh di perut, serta kuahnya yang gurih dan pedas bisa menggugah selera.


16. Sup Ikan Jantung Pisang Sulawesi Tengah

Sup ikan jantung pisang asal Sulawesi Tengah ini tidak hanya gurih tapi juga bergizi. Hidangan ini terdiri dari ikan rebus dengan bumbu (bawang merah, bawang putih, jahe, serai, dan kunyit). Makanan ini juga cocok untuk dijadikan lauk di rumah!


17. Ikan Asap Jayapura

Jika NTT terkenal dengan daging asapnya, Jayapura terkenal dengan ikan asapnya. Ikan segar ini diasapi selama berjam-jam dengan api kecil.


18. Binte Biluhuta Gorontalo

Binte Biluhuta atau yang juga dikenal dengan Milu Sirman adalah sup jagung manis, asin, dan pedas. Nasi, seafood, dan udang adalah beberapa bahan yang digunakan untuk membuat hidangan ini.


19. Bubur Tinutuan Sulawesi Utara

Bubur bergizi dan lezat ini sangat ideal untuk menu sarapan. Bubur tinutuan terbuat dari nasi, sayur mayur, dan seafood, sedangkan bubur tradisional dimakan dengan kecap manis dan suwiran ayam.


20. Mie Aceh

Mie khas Aceh ini pasti sudah tidak asing lagi di lidah Anda. Mie Aceh adalah masakan Indonesia yang umum karena ukuran mi yang besar yang dimasak dengan bumbu.


21. Rendang Sumatera Barat

Siapa yang tidak tahu betapa enaknya rendang? Karena rasanya yang gurih, makanan ini telah menyebar hingga ke luar Indonesia.


22. Gulai Belacan Riau

Pecinta seafood pasti akan takluk dengan daya pikat Gulai Belacan. Bahan utama makanan ini sudah besar, dimasak dengan santan kental, cabai rawit, dan daun jeruk, yang dapat dengan mudah menambah porsi makan Anda.


23. Mie Bangka

Jangan campur mie ayam dan mie bangka ya Bro-and-sis. Mie Bangka adalah sejenis mie dengan kuah yang terbuat dari ikan tenggiri.

Selain kuah, telur rebus dan tauge sebagai topping memisahkan mie Bangka dari mie lainnya.


24. Tempoyak Ikan Patin Jambi

makanan khas daerah
Sumber gambar: Cookpad

Menurut legenda, Tempoyak Ikan Patin pernah menjadi sajian kerajaan. Tempoyak merupakan masakan yang terdiri dari ikan dan buah durian.

Hmm, buah dipadukan dengan ikan? Jangan terlalu sinis, Bro-and-sis; Meski terdengar aneh, rasa masakan ini enak.


25. Pendap Bengkulu

Makanan khas Bengkulu Pendap memiliki cita rasa khas yang mirip dengan pepes. Kelezatannya didapat dengan cara memasak yang bisa memakan waktu hingga 8 jam agar bumbu meresap ke dalam daging ikan yang dilapisi daun pisang.


26. Pempek Sumatera Selatan

Mayoritas orang mengenal gaya Pempek Palembang. Namun, makanan ini bisa Anda temukan di hampir semua bagian Sumatera Selatan. Rasa gurih ikan yang dipadukan dengan percikan cuko manis, asin, dan pedas membuat hidangan ini menjadi favorit masyarakat Indonesia.


27. Seruit Lampung

Seruit adalah singkatan dari Seruit. Ikan besar yang sering diolah masyarakat Lampung dengan cara digoreng atau dibakar dengan campuran tempoyak atau sambal mangga.


28. Tempe Mendoan Jawa Tengah

Ada beberapa makanan tempe kaleng di Indonesia. Tempe Mendoan Goreng adalah salah satunya. Kulit makanan ini halus, dan dimakan dengan kecap manis pedas atau cabai rawit.


29. Kue Cucur Sulawesi Barat

Camilan khusus ini menjadi favorit anak-anak dan orang dewasa. Tepung beras dan gula merah digunakan untuk membuat makanan penutup ini. Rasa manisnya cocok dipadukan dengan kopi atau teh panas.


30. Gohu Ikan Maluku Utara

Di Jepang dan Indonesia ada makanan seperti sashimi, seperti Ikan Gohu dari Ternate. Hidangan ini biasanya dibuat dengan tuna mentah atau cakalang yang dibumbui dengan garam, jeruk nipis, dan daun kemangi.


31. Ikan Bakar Manokwari Papua Barat

Ikan Bakar Manokwari berbeda dengan jenis ikan bakar lainnya. Digoreng terpisah, ikan cod ini dibumbui dengan sambal yang digiling kasar. Ikan Bakar Manokwari memiliki rasa yang pedas dan segar.


32. Tude Bakar Manado

Pernah coba Tude bakar dari Manado dengan sambal dabu-dabu? Jika Anda belum mencobanya, Anda harus melakukannya karena ikan nila atau gurame ini sepertinya cocok dengan saus dabu-dabu.


33. Lumpia Semarang

Lumpia adalah makanan yang mirip dengan rolade karena dikemas dalam kotak berisi rebung, ikan, ikan, atau udang. Hidangan ini mirip dengan masakan tradisional Tionghoa, namun tidak ada salahnya mencoba hidangan yang satu ini jika Anda berkunjung ke Semarang.


34. Bubur Sagu Ambon

Bubur sagu ambon mirip dengan bubur kacang hijau karena terbuat dari sagu yang dimasak dengan santan dan gula. Rasanya tidak kalah lezat dengan bubur kacang hijaunya yang bisa kita nikmati.


35. Tahu Campur Surabaya

Surabaya terkenal dengan kulinernya yang enak. Salah satunya adalah Tahu Campur yang dipadukan dengan topping kuah dan mie, potongan daging, selada, dan kerupuk untuk menambah kelezatan sajian tunggal ini.


36. Sambal Seruit Lampung

Indonesia terkenal dengan banyaknya jenis saus cabai yang tersedia di setiap negara. Di Lampung, sambal biasa yang dikenal dengan Sambal Seruit sangat cocok untuk dimasak dengan ikan mas bakar atau goreng.


37. Soto Betawi

Soto Betawi andalannya berasal dari Jakarta. Karena rasanya yang segar dan gurih, serta keripiknya yang renyah, soto ini menjadi favorit warga Jakarta.


38. Bika Ambon Medan

Meski bernama Bika Ambon, ternyata jajanan tradisional ini hanya ada di Medan. Biasanya kue ini dibuat dengan tepung tapioka, gula, dan santan, namun Bika Ambon juga menawarkan berbagai rasa, antara lain pandan, durian, keju, dan cokelat.


39. Karedok Bandung

Rujak sayur tradisional Karedok atau Bandung ini terbuat dari lalapan dan sambal kacang. Makanan ini rasanya enak jika dipadukan dengan nasi atau lontong.


40. Pedesan Entog Indramayu

Secara umum sajian ini mirip dengan kari. Bahan utamanya adalah entog, bukan ikan, ayam, atau daging sapi. Entog, sejenis bebek, hanya berbeda bentuk kepalanya.

Bagaimana denganmu, Bro-and-sis? Makanan khas daerah mana yang ingin kamu coba? Anda yang sangat menginginkan makanan khas daerah di atas bisa mendapatkannya di Tokopedia Nyam.

Dapatkan berbagai pilihan makanan paling lezat dan paling umum dengan promosi yang tidak diragukan lagi akan meningkatkan pengalaman berbelanja Anda. Sekarang saatnya masuk ke Tokopedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *