Apa itu Integritas? Definisi dan Contohnya dalam Dunia Kerja

arti-kata-integritas-adalah.jpg

Integritas, atau memiliki prinsip etika dan moral yang kuat, adalah sifat esensial yang sangat dihargai oleh pemberi kerja. 

Integritas adalah dasar dari hubungan karyawan-pemilik (bos/majikan) yang sukses. Ini mempromosikan budaya profesional di mana individu dapat bergantung satu sama lain dan memperlakukan satu sama lain dengan hormat. 

Akibatnya, orang biasanya lebih produktif dan termotivasi di tempat kerja.

Selanjutnya, kami menjelaskan apa itu integritas, bagaimana Anda dapat meningkatkan dan menampilkan sifat ini dan bagaimana itu akan membantu Anda dalam karier Anda.

Apakah integritas itu?

Integritas adalah tindakan berperilaku terhormat, bahkan saat tidak ada yang melihat. Orang dengan integritas mengikuti prinsip moral dan etika dalam semua aspek kehidupan. 

Integritas harus meluas ke area profesional di tempat kerja seperti pengambilan keputusan, berinteraksi dengan kolega, dan melayani pelanggan atau klien.

Pengusaha yang berkomitmen untuk mempekerjakan karyawan dengan integritas lebih siap untuk memberikan layanan berkualitas tinggi dan menjaga reputasi positif. Ketika karyawan memiliki integritas, manajer mereka dapat mempercayai tim mereka bekerja dengan rajin.

Daftar sifat karakter yang berhubungan dengan integritas

Meskipun integritas lebih merupakan kualitas daripada keterampilan, integritas masih dapat dikembangkan seiring waktu. Untuk mengidentifikasi kekuatan pribadi Anda terkait integritas, berikut beberapa contoh atribut yang terkait dengan integritas:

Ramah / Sopan / Sumeh (b.jawa)

Mereka yang berintegritas bersikap ramah ketika orang lain memberikan bantuan. Mereka mengungkapkan rasa terima kasih dan mengakui pencapaian orang-orang yang bekerja dengan mereka. 

Untuk menunjukkan rasa syukur, selalu pastikan untuk mengatakan “terima kasih” ketika seseorang membantu Anda, membantu Anda atau meluangkan waktu dari jadwal mereka untuk Anda. Luangkan waktu untuk mengirim email tindak lanjut setelah wawancara, panggilan telepon, atau rapat.

Hormat / Patuh

Orang dengan integritas menghargai orang lain dengan menunjukkan rasa hormat di tempat kerja. Mereka melakukan yang terbaik untuk tepat waktu ke rapat, memenuhi tenggat waktu proyek, dan mengingat perasaan orang lain. 

Anda dapat mendemonstrasikan sifat ini dengan melatih ketepatan waktu, memperhatikan kata-kata Anda, dan mempertimbangkan ide orang secara cermat.

Jujur

Integritas membutuhkan kejujuran. Mereka yang memiliki integritas berusaha untuk jujur. Mereka mengakui kesalahan dan mencoba belajar darinya.

Dapat dipercaya

Orang dengan integritas menindaklanjuti komitmen mereka. Untuk menunjukkan kepercayaan, hindari menjanjikan terlalu banyak. Jika Anda tidak dapat menyelesaikan tugas atau memenuhi tenggat waktu, pastikan untuk memberi tahu orang lain secepat mungkin. Jika Anda dipercaya dengan informasi pribadi, hormati itu.

Kerja keras

Mereka yang memiliki integritas berupaya keras untuk menghasilkan pekerjaan berkualitas tinggi tepat waktu, apa pun tugasnya. Mereka menyadari bahwa semua yang mereka lakukan dapat memengaruhi organisasi, kolega, dan hasil bisnis mereka.

Bertanggung jawab

Mereka yang memiliki integritas bertanggung jawab atas tindakan mereka. Mereka juga terorganisir dan proaktif memastikan bahwa mereka memenuhi tanggung jawab mereka.

Bermanfaat

Ketika seseorang memiliki integritas, mereka membantu mereka yang membutuhkan. Ini mungkin dalam bentuk meminjamkan waktu mereka untuk suatu proyek tanpa diminta atau menawarkan untuk melindungi karyawan dalam keadaan darurat.

Sabar

Seseorang yang berintegritas mampu mentolerir tantangan, penundaan, dan hambatan tak terduga dengan tetap menjaga sikap tenang, bahkan. Mereka menunggu giliran untuk berbicara dalam rapat dan percakapan satu lawan satu.

Apa arti integritas di tempat kerja?

Di tempat kerja, bertindak dengan integritas sering kali berarti menunjukkan nilai-nilai inti Anda dalam semua upaya. Berikut beberapa perilaku yang menunjukkan integritas:

  1. Dapat diandalkan dan menindaklanjuti komitmen
  2. Bersikap terbuka dan jujur ​​saat berkomunikasi dengan orang lain
  3. Menganggap diri Anda bertanggung jawab dan mengakui kekurangan Anda

Penting bagi karyawan untuk menerapkan integritas terlepas dari departemen atau tingkat karier mereka. 

Integritas sangat penting, bagaimanapun, dalam posisi kepemimpinan di mana orang memiliki kesempatan untuk memberi contoh bagi orang lain. 

Dengan memasukkan nilai-nilai yang kuat ke dalam perilaku Anda, Anda dapat membantu mendorong karyawan lain untuk melakukan hal yang sama.

Bagaimana menampilkan integritas di tempat kerja?

Ketika Anda bekerja di bisnis kecil atau perusahaan besar, komitmen Anda terhadap integritas akan memengaruhi tempat kerja. 

Bertindak dengan integritas tidak hanya membantu menunjukkan kepada pemberi kerja bahwa Anda mampu menangani tanggung jawab yang dapat memajukan karier Anda, tetapi juga membantu menumbuhkan budaya perusahaan yang positif.

Berikut beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan untuk menunjukkan integritas dan memengaruhi lingkungan tempat kerja Anda:

1. Tampil siap untuk bekerja dengan sempurna

Misalnya saat berangkat bekerja anda tiba di tempat kerja Anda tepat waktu dan siap menyelesaikan tugas. Jika Anda mengalami konflik atau keadaan darurat pribadi, pastikan untuk memberi tahu manajer segera daripada datang terlambat atau mangkir kerja tanpa pemberitahuan sama sekali.

Jika sakit, sebaiknya siapkan surat dokter, jika keadaan mendesak atau darurat bisa melalui media elektronik seperti chating atau telepon.

2. Memberikan contoh yang positif

Ketika Anda dalam posisi kepemimpinan atau tidak, sangat penting untuk memberikan contoh yang baik kepada orang-orang di sekitar Anda. Jika Anda menunjukkan perilaku positif, orang lain akan lebih terdorong untuk melakukan hal yang sama.

3. Bersikaplah hormat selama konflik

Memiliki integritas berarti Anda membela pendapat ide-ide Anda, tetapi itu juga berarti Anda menghindari berbicara negatif tentang orang lain atau menggunakan bahasa yang tidak profesional. 

Jika Anda tidak setuju dengan seseorang, luangkan waktu untuk mempertimbangkan sudut pandangnya dan tanggapi dengan hormat. Jangan meninggikan ego, melainkan rasa hormat dan pikiran positif.

4. Praktikkan akuntabilitas

Anda harus berani mengakui kesalahan Anda dan menganggap diri Anda bertanggung jawab atas kesalahan bahkan ketika tidak ada orang lain yang menonton. 

Misalnya, jika Anda gagal mencapai tujuan, Anda harus menjelaskan situasinya kepada supervisor Anda dan mencari cara untuk menghindari hasil yang sama di masa mendatang.

5. Mengikuti dan menegakkan kebijakan perusahaan

Kebijakan perusahaan dikembangkan untuk menjaga keselamatan karyawan, menumbuhkan profesionalisme, dan meningkatkan efisiensi. Luangkan waktu untuk memahami aturan ini dan ikuti mereka, jangan sampai anda bertindak serampangan semau sendiri.

6. Tingkatkan etos kerja Anda

Luangkan waktu untuk memastikan pekerjaan Anda selesai dengan baik dan selesai pada atau sebelum tanggal jatuh tempo. Berusahalah untuk menjadi produktif selama jam kerja dan penuhi setiap tugas atau tugas dengan antusias dan motivasi.

7. Menjaga dan merawat properti perusahaan

Perlakukan barang milik orang lain dengan hati-hati, termasuk properti perusahaan. Hindari mengambil persediaan bisnis untuk penggunaan pribadi, dan pastikan untuk mengembalikan barang kepada pemiliknya.

Kiat cepat untuk menjaga integritas di tempat kerja

Di bawah ini adalah beberapa tip yang dapat Anda ikuti untuk menegakkan integritas di tempat kerja Anda:

  1. Lakukan komunikasi terbuka.
  2. Bertanggung jawab atas tindakan Anda.
  3. Laporkan perilaku yang tidak pantas dan tidak etis.
  4. Bersikaplah sopan dan hormat.
  5. Latih kesabaran dan kontrol emosional.

Integritas sangat penting untuk sukses dalam peran apa pun dan dapat membantu Anda maju dalam karier Anda. Dengan tetap berkomitmen pada prinsip etika Anda, Anda dapat memberikan teladan positif bagi orang lain dan memastikan pengalaman tempat kerja yang lebih baik untuk semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *