Apa Itu Kepemimpinan / Leadership? Definisi & Contoh Kepemimpinan

apa-itu-kepemimpinan.jpg
apa itu kepemimpinan

Kepemimpinan adalah seni memotivasi sekelompok orang untuk bertindak untuk mencapai tujuan bersama. Dalam pengaturan bisnis, ini bisa berarti mengarahkan pekerja dan kolega dengan strategi untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang kepemimpinan dan beberapa contoh tentang bagaimana hal itu dapat bermanfaat bagi bisnis.

Apa Itu Kepemimpinan?

Kepemimpinan menangkap inti dari kemampuan dan kesiapan untuk menginspirasi orang lain. Kepemimpinan yang efektif didasarkan pada gagasan, baik yang asli maupun yang dipinjam, yang dikomunikasikan secara efektif kepada orang lain dengan cara yang cukup melibatkan mereka untuk bertindak sesuai keinginan pemimpin mereka.

Seorang pemimpin menginspirasi orang lain untuk bertindak sekaligus mengarahkan cara mereka bertindak. 

Mereka harus cukup menarik bagi orang lain untuk mengikuti perintah mereka, dan mereka harus memiliki keterampilan berpikir kritis untuk mengetahui cara terbaik menggunakan sumber daya yang ada di organisasi.

Definisi alternatif: Kepemimpinan juga dapat merujuk pada struktur manajemen organisasi.

Bagaimana Kepemimpinan Bekerja?

Dalam bisnis, kepemimpinan dikaitkan dengan kinerja, dan definisi kepemimpinan apa pun harus memperhitungkannya. 

Oleh karena itu, sementara kepemimpinan tidak secara intrinsik terkait dengan keuntungan, mereka yang dipandang sebagai pemimpin yang efektif dalam konteks perusahaan adalah orang-orang yang meningkatkan laba perusahaan.

Jika seorang individu dalam peran kepemimpinan tidak memenuhi harapan keuntungan yang ditetapkan oleh dewan, manajemen yang lebih tinggi, atau pemegang saham, mereka dapat diberhentikan.

Meskipun ada orang yang secara alami diberkahi dengan lebih banyak kemampuan kepemimpinan daripada yang lain, setiap orang dapat belajar menjadi seorang pemimpin dengan meningkatkan keterampilan tertentu. 

Meskipun tidak memiliki pengalaman kepemimpinan sebelumnya, sejarah penuh dengan orang-orang yang telah melangkah ke depan dalam krisis dan membujuk orang lain untuk mengikuti tindakan yang disarankan. 

Mereka memiliki sifat dan kualitas yang membantu mereka melangkah ke peran kepemimpinan.

Kesimpulan

  1. Kepemimpinan adalah seni memotivasi sekelompok orang untuk bertindak untuk mencapai tujuan bersama.
  2. Organisasi mengacu pada personel tingkat atas dalam struktur manajemen mereka sebagai kepemimpinan.
  3. Untuk menjadi pemimpin bisnis yang efektif, Anda harus memiliki sifat yang melampaui tugas manajemen.
  4. Keterampilan kepemimpinan dapat dipelajari, dan pemimpin dapat berkembang.
  5. Seseorang dapat disebut secara bergantian sebagai “pemimpin” dan “manajer”, meskipun kedua istilah tersebut tidak selalu sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *