Apa itu Komunikasi? Verbal, Non-Verbal & Tertulis

komunikasi-adalah.jpg

Komunikasi merupakan tindakan mentransfer informasi dari satu tempat, orang, atau kelompok ke tempat lain.

Setiap komunikasi melibatkan (setidaknya) satu pengirim, satu pesan, dan satu penerima. Ini mungkin terdengar sederhana, tetapi komunikasi sebenarnya adalah subjek yang sangat kompleks.

Transmisi pesan dari pengirim ke penerima dapat dipengaruhi oleh banyak hal. Ini termasuk emosi kita, situasi budaya, media yang digunakan untuk berkomunikasi, dan bahkan lokasi kita. 

Kompleksitas inilah yang menyebabkan keterampilan komunikasi yang baik dianggap sangat diinginkan oleh para pemberi kerja di seluruh dunia: komunikasi yang akurat, efektif, dan tidak ambigu itu sangat sulit dilakukan.

Penjelasan selanjutnya tentang apa yang kami maksud dengan ‘komunikasi’.

Mendefinisikan Komunikasi

Definisi ini menjelaskan, komunikasi lebih dari sekedar transmisi informasi. Istilah tersebut membutuhkan unsur keberhasilan dalam menyampaikan atau mengirimkan pesan, baik berupa informasi, gagasan, maupun emosi.

Oleh karena itu, komunikasi memiliki tiga bagian penting yaitu : pengirim, pesan, dan penerima.

Pengirim ‘menyandikan’ pesan, biasanya dalam campuran kata-kata dan komunikasi non-verbal. Ini ditransmisikan dalam beberapa cara (misalnya, dalam ucapan atau tulisan), dan penerima ‘menerjemahkannya’.

Tentu saja, mungkin ada lebih dari satu penerima, dan kerumitan komunikasi berarti setiap penerima dapat menerima pesan yang sedikit berbeda. Dua orang mungkin membaca hal-hal yang sangat berbeda dalam pemilihan kata dan / atau bahasa tubuh. Mungkin juga tidak ada dari mereka yang memiliki pemahaman yang sama seperti pengirim.

Dalam komunikasi tatap muka, peran pengirim dan penerima tidak berbeda. Kedua peran itu akan berpindah-pindah antara dua orang yang berbicara. 

Kedua belah pihak berkomunikasi satu sama lain, meskipun dengan cara yang sangat halus, seperti melalui kontak mata (atau kurangnya) dan bahasa tubuh secara umum. Namun, dalam komunikasi tertulis, pengirim dan penerima lebih berbeda.

Kategori Komunikasi

Ada berbagai cara kita berkomunikasi, dan lebih dari satu cara dapat terjadi pada waktu tertentu. Berbagai kategori komunikasi meliputi:

1. Komunikasi Lisan atau Verbal, yang mencakup tatap muka, telepon, radio atau televisi, dan media lainnya.

2. Komunikasi Non Verbal, meliputi bahasa tubuh, gerak tubuh, cara kita berpakaian atau bertindak, di mana kita berdiri, dan bahkan bau kita. Ada banyak cara halus untuk berkomunikasi (bahkan mungkin secara tidak sengaja) dengan orang lain. Misalnya, nada suara dapat memberi petunjuk pada suasana hati atau keadaan emosi, sementara isyarat tangan atau isyarat dapat menambah pesan yang diucapkan.

3. Komunikasi Tertulis meliputi surat, email, media sosial, buku, majalah, internet, dan media lainnya. Jumlah penulis dan penerbit yang relatif sedikit yang memaksa dalam mengkomunikasikan kata-kata tertulis hingga saat ini. Hari ini, kita semua dapat menulis dan mempublikasikan ide-ide kita secara online, yang telah menyebabkan ledakan kemungkinan informasi dan komunikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *