Cashback: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, Jenis & Simulasi

Cashback: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, Jenis & Simulasi

Cambridge Dictionary: “A system in which banks or businesses encourage people to buy something by giving them money after they have bought it:”

Apa itu Cashback?

Cashback bisa berupa uang atau poin loyalitas yang Anda peroleh dari bisnis setelah melakukan transaksi atau mendapatkan layanan.

Cara lain untuk menarik pembeli adalah dengan memberikan uang kembali dan atau hadiah bonus. Jika Anda memberikan diskon di awal waktu, pelanggan bisa mendapatkan hadiah dengan membeli nanti.

Saat melakukan transaksi dengan kartu kredit, khusus penggunaan pertama, istilah tersebut identik dengan Cashback.

Pelanggan akan dikreditkan dengan persentase dari jumlah uang yang dibelanjakan.

Poin ini dapat digunakan sesering yang Anda inginkan untuk melakukan pembelian, selama poin tersebut sudah bertambah.

Sementara pembelian dan perdagangan online juga semakin populer, program Cashback juga menjadi semakin umum. Pelaku industri akan mengembalikan uang kepada pelanggan sebagai imbalan atas setiap transaksi.

Hal ini tentunya akan menarik bagi konsumen, karena artinya banyak keuntungan bagi mereka.

Kelebihan Cashback

Skema Cashback dapat membantu pembeli menghemat uang, terutama untuk pembelian berulang seperti pembayaran tagihan bulanan. Pembeli dapat menghemat uang untuk pembelian berikutnya karena mereka dapat membayar dengan Cashback yang telah mereka kumpulkan. Pada kenyataannya, seringkali ada prospek untuk mendapatkan Cashback.

Perusahaan mendapat keuntungan dari skema insentif Cashback karena mencegah pelanggan untuk belanja ketempat lain dan terus berbelanja di tempat yang sama. Ini karena hadiah uang tunai atau poin yang dimenangkan biasanya hanya dapat ditukar di bisnis terkait. Dibandingkan dengan diskon, tidak ada jaminan bahwa pelanggan akan mengulang pembelian karena diskon ditawarkan di awal.

Kekurangan Cashback dan Konsekuensi

  • Penawaran Cashback belum tentu yang paling menguntungkan. Kupon atau penawaran eksklusif juga akan menghemat lebih banyak uang daripada insentif Cashback.
  • Beberapa situs Cashback mengurangi biaya dari penghasilan Anda per tahun. Anda dapat dikenakan berbagai biaya jika Anda menyebarkan penggunaan Anda di beberapa halaman.
  • Saat Anda mengunjungi beberapa situs produk atau situs Cashback, jejak cookie menjadi kacau, dan situs Cashback tidak dapat melacak saat Anda melakukan pembelian. Untuk mencegah hal ini, hapus cookie Anda sebelum melakukan transaksi apa pun yang ingin Anda terima Cashbacknya.
  • Ada situs Cashback palsu dan penipuan di luar sana yang memangsa pembeli hemat. Perhatikan kupon kedaluwarsa atau situs web yang tidak stabil.
  • Pembayaran situs Cashback bisa memakan waktu lama; untuk toko besar, bisa memakan waktu hingga enam bulan.
  • Model bisnis situs Cashback memerlukan penanganan dengan jumlah pengguna yang besar dan jumlah uang yang terbatas, sehingga dukungan pelanggan seringkali kurang.
  • Tidak semua permintaan Cashback diterima, dan tidak ada cara untuk membantah penolakan. Kira-kira satu dari setiap dua puluh klaim tidak berhasil dibayarkan.

Simulasi Cashback

Untuk setiap pembelian token listrik, sebuah bisnis menawarkan promosi Cashback 5%. BAMBANG membeli token listrik seharga Rp100.000 dengan memanfaatkan penawaran ini. Setelah berhasil melakukan pembelian, BAMBANG akan mendapatkan hadiah Cashback sebesar Rp 5.000, yang dapat digunakan untuk menurunkan harga pembelian produk perusahaan selanjutnya.

Setiap program dan organisasi yang memiliki skema Cashback pasti berbeda-beda. Biasanya, ada batasan penjualan minimum serta persyaratan tentang cara membeli untuk mendapatkannya. Oleh karena itu, penting untuk membaca semua syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum melakukan pembelian dan memanfaatkan promosi.

Jenis-Jenis Cashback

  1. Cashback Kartu Kredit, yaitu Cashback yang diberikan setiap bertransaksi menggunakan kartu kredit.
  2. Cashback Kartu Debit, yaitu Cashback yang diberikan setiap bertransaksi menggunakan kartu debit.
  3. Cashback Toko Online, yaitu Cashback yang diberikan setiap bertransaksi pada toko online terkait.
  4. Cashback Reward, yaitu Cashback bukan berupa senilai uang tunai, melainkan poin yang bisa ditukarkan dengan hadiah tertentu.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *